Share It

HMIPAPUA.INFO РJAYAPURA. Sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan khususnya pohon Mangrove (Bakau), HMI Komisariat FISIP dan UKM MAPALA (Mahasiswa Pecinta Alam) UNCEN menggelar penanaman  di sekitar Ring Road Pantai Tobati-Enggros Jayapura pada Sabtu 26/06/2021.

Muhammad Riski selaku Ketua Umum HMI Cabang Jayapura Komisariat FISIP menjelaskan bahwa kegiatan penanaman pohon merupakan kegiatan yang digagas bersama MAPALA dalam rangka peduli dengan kondisi lingkungan sekitar Enggros – Tobati.

“Tujuannya supaya nantinya bibit yang kita tanam saat ini akan terus terjaga dan terawat supaya akan selalu ada yang namanya hutan Mangrove”. Tutur kader HMI yang juga mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan Fisip Uncen angkatan 2017 tersebut.

Sementara itu Ketua MAPALA UNCEN Febri Dimara dan Manuel Rumpaidus sekretaris MAPALA. saat dihubungi redaksi, menjelaskan kegiatan tersebut.

“kami melihat ekosistem atau keseimbangan alam di sekitar Enggros Tobati ini mulai berkurang. sebagaimana kita ketahui bahwa Mangrove di Enggros Tobati ini menjadi sumber kehidupan dan mata pencaharian masyarakat Enggros-Tobati, namun saat ini bisa kita saksikan bersama mulai mengalami abrasi disekitar Ring Road ini. Jika hutan Mangrove ini habis maka terjadi abrasi dan mata pencaharian akan hilang. oleh karena itu kami MAPALA Uncen dan Komisariat HMI Fisip Uncen merasa peduli untuk menanam Mangrove di sekitar Ring Road Tobati”. Ungkap Manuel.

Peserta dalam kegiatan ini melibatkan anggota MAPALA UNCEN bersama Pengurus dan Anggota HMI Komisariat FISIP serta Pihak Aparat Pemerintah Kmpung dan Masyarakat Tobati.* (Red)

 

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *