Share It

HMIPAPUA.INFO – MANOKWARI. Ada yang baru dalam pelaksanaan LK II Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh HMI Cabang Manokwari selama 8 Hari sejak 01 hingga 08 Agustus 2023 di Gedung KNPI Provinsi Papua Barat.

Selain materi-materi ke-HMian, Keumatan, Kebangsaan dan Kedaerahan, juga pada LK II yang dilaksanakan bersamaan dengan LKK itu disampaikan juga materi Sejarah HMI di Tanah Papua.

Pematerinya didatangkan dari Jayapura yakni salah satu Tim Penulis yaitu Abang Muliadi Anangkota,S.IP.,M.KP selaku sekretaris Tim untuk menyampaikan materi secara langsung.

Menurut Abang Muliadi, materi Sejarah HMI di Tanah Papua baru pertama kali disampaikan pada tingkatan LK II.

“untuk materi sejarah HMI di Tanah Papua, sebenarnya sudah disampaikan pada beberapa kesempatan seperti di Bedah Buku √∂ffline dan Online dan LK I di Cabang Jayapura, namun untuk LK II baru pertama kali di sampaikan di LK II Cabang Manokwari ini, jadi ini merupakan kehormatan dan terima kasih kepada penyelenggara LK II ini atas undangannya”, Jelas Abang Mul.

Foto : Pemateri Sejarah HMI di Tanah Papua (tengah baju Batik) bersama peserta LK II Nasional HMI Manokwari

Untuk diketahui, Materi sejarah HMI di Tanah Papua sudah dibukukan dengan Judul SEJARAH DAN EKSISTESi HMI di Papua yang diterbitkan oleh LITERASI NUSANTARA dengan ISBN 978-623-329-876-6 dan telah dilaunching pada MUSWIL V MW KAHMI Provinsi Papua pada 25 Mei 2022 di Hotel Grand Abe Jayapura, Papua.

Penulisan Buku Sejarah HMI di Tanah Papua dilakukan oleh Tim Penulis MW KAHMI Provinsi Papua yang dibentuk pada 22 November 2022 melalui SK No : Ist/ST/PMWKAHMIPAPUA/XI/2022 dengan susunan Tim Penulis yaitu :

  1. Dr.Basir Rohrohmana,SH.MH. sebagai Ketua
  2. Muliadi Anangkota,S.iP.,M.KP sebagai Sekretaris
  3. Surya Ibrahim, B.S.,SE sebagai Anggota
  4. La Mochtar Unu, S.Sos.,M.Si. sebagai Anggota dan
  5. Abdullah Rumaf,S.IP sebagai Anggota

Dengan disampaikannya materi Sejarah HMI di Tanah Papua dalam LK II tersebut, maka diharapkan pada LK II lainnya di HMI Cabang se Badko Papua-Papua Barat dapat memasukannya pada kurikulum LK II maupun LK I.

“saya dan Tim berharap, Sejarah HMI di Tanah Papua sudah dapat menjadi materi wajib pada LK I dan II disetiap Cabang di Tanah Papua ini, karena menjadi amanah para Alumni untuk disampaikan diforum forum HMI khususnya di Tanah Papua, dan juga selama inikan hanya materi sejarah HMI Nasional yang disampaikan, nah dengan rampungnya tulisan HMI di Papua dalam Buku maka bisa dijadikan Referensi bagi kader-kader HMI dan Alumni ataupun masyarakat lainnya yang ingin mempelajari sejarah HMI khususnya di tanah Papua.”Harap Abang Mul mewakili Tim Penulis.

“Untuk mendapatkan buku Sejarah HMI di Tanah Papua masih terbatas karena hanya dicetak sebanyak 35 Eksemplar dan diedarkan pada para Informan dan Cabang-Cabang, jadi belum banyak, insy Allah akan diperbanyak lagi karena saat ini sedang dilakukan revisi beberapa informasi dalam buku ini dari para alumni untuk melengkapi pada edisi berikutnya, jadi untuk alumni yang sudah menerima dan membaca buku ini bisa diklarifikasi dan disampikan kepada kami selaku tim penulis,” Tambah Alumni HMI yang akrab disapa dengan Abang Mul ini.

Dalam kesempatan acara closing Ceremony, juga diserahkan 2 Buku Sejarah HMI di Tanah Papua kepada Alumni HMI di Manokwari yang diterima oleh Abang dr.Alwan Raymosan selaku Korpres MW KAHMI Papua Barat dan kepada Kader HMI di Manokwari yang diterima oleh Ridwan Kelkusa selaku Ketua Cabang HMI Manokwari*. Admin

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *